Studium Generale “Social Determinants of Health in Urban Area”

Berita FKIK/Kesmas Online— Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Stadium Generale dengan tema Social Determinants of Health in Urban Area, acara ini dihadiri oleh narasumber  Prof. Dr. Dr. Charles Surjadi, MPH (Environment and Urbanisation asian edition) dan moderator Minsarnawati, SKM, M.Kes (Dosen tetap Program Studi Kesehatan Masyarakat) bertempat di Ruang Auditorium FKIK pada hari Rabu, 2 Maret 2016.

Dekan FKIK Prof. Dr. Arif Sumantri, MKM dalam sambutanya mengatakan,  mengapresiasi kegiatan tersebut. “Dengan harapan mahasiswa dapat mengerti faktor kesehatan masyarakat dan persoalan masyarakat sosial di dalam perkotaan” ucapnya.

Senada dengan Dekan, Kaprodi Kesehatan Masyarakat Fajar Ariyanti, SKM, M.Kes, PhD mengatakan dalam sambutanya “Dengan tujuan diadakan Studium Generale ini supaya mahasiswa tahu betul bagaimana tata kesehatan di area perkotaan.”

Pada acara ini Prof. Dr. Dr. Charles Surjadi, MPH menyampaikan beberapa prolog diantaranya  kematian bayi  34 per 1.000 kelahiran hidup  pada tahun 2007 dan menurun menjadi 32 per 100 kelahiran hidup pada tahun 2012, kematian balita pada tahun 2007 dari 44 menjadi 40 per kelahiran hidup pada tahun 2012, angka harapan hidup di Indonesia meningkat dari 68,5 tahun pada tahun 2006 menjadi 69,65 tahun pada tahun 2011. Dapat disimpulkan bahwa kesenjangan kesehatan di Indoensia yang berkaitan dengan masalah determinant social masih sangat tinggi.

Acara yang bertemakan Social Determinants of Health in Urban Area mendapat antusias dari mahasiswa yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PSKM dan beberapa dosen yang ikut menghadirinya. (ZR/MD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *