Seminar Profesi MPK 2016: “Green Hospital”

Green Hospital: Konsep Pembangunan Rumah Sakit Masa Depan

Seminar Profesi Manajemen Pelayanan Kesehatan Tahun 2016

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Pembangunan rumah sakit di masa depan diharapkan tidak hanya memperhatikan unsur kesehatan, tetapi juga unsur lingkungan di rumah sakit. Menurut Healthcare without Harm, rumah sakit yang sehat dan ramah lingkungan adalah salah satu yang mempromosikan kesehatan masyarakat dengan cara mengurangi dampak lingkungan secara terus menerus dan mengeleminasi kontribusi beban penyakit.

Dalam mewujudkan rumah sakit yang sehat dan ramah lingkungan dikenal sebuah konsep baru dalam perancangan dan manajemen rumah sakit, yaitu Green Hospital. Konsep ini muncul dikarenakan isu tentang pemborosan energi dan keadaan lingkungan yang semakin buruk.  Adapun tujuan konsep Green Hospital ini adalah untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan, berpengaruh terhadap proses penyembuhan pasien menjadi sangat ideal, serta untuk meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya di rumah sakit. Penerapan Green Hospital di rumah sakit juga dapat mendukung seluruh kegiatan yang ada pada rumah sakit tersebut.

Berdasarkan data dari Profil Kesehatan Indonesia tahun 2008, di Indonesia terdapat 1372 Rumah Sakit yang tersebar di beberapa kabupaten dan propinsi. Berdasarkan pernyataan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), sudah ada tiga rumah sakit di Indonesia yang saat ini berkomitmen menerapkan konsep Green, yaitu RSUP Persahabatan, Rumah Sakit Kanker Dharmais, dan RSUD Dr. Syamsudin di Sukabumi. Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Persahabatan dan Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSUP Persahabatan sudah memenuhi 9 kriteria (18%) dan rumah sakit tersebut mempunyai keunggulan dalam hal ruang terbuka hijau yang luas dan pengelolaan limbah rumah sakit. Sedangkan di RSKD sudah memenuhi 11 kriteria dari 55 kriteria (22%) dalam tolak ukur penilaian Greenship.

Berdasarkan tujuan dan manfaat yang diberikan dengan adanya konsep Green Hospital, maka Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK) – Jurusan Kesehatan Masyarakat – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) akan mengadakan Seminar Profesi dengan tema “Green Hospital: Konsep Pembangunan Rumah Sakit Masa Depan”. Acara akan berlangsung pada hari Selasa, 08 November 2016, Pukul 08.00 – 12.30 WIB, di Auditorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

  1. Agung Tahfidzul Iman (081212062353)
  2. Fauzan Maulana (0895363566764)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *