Create a Joomla website with Joomla Templates. These Joomla Themes are reviewed and tested for optimal performance. High Quality, Premium Joomla Templates for Your Site

Sejarah

FKIK Online. Dalam upaya  memenuhi kebutuhan terhadap pendidikan tinggi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka jurusan dan program studi baru untuk mendukung pengembangan UIN dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Untuk mempercepat pengintegrasian tersebut, sidang Senat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 30 Desember 2002 mempertimbangkan pentingnya pembukaan program studi baru dalam bidang Kedokteran dan Kesehatan. Forum tersebut merekomendasikan pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Pendirian FKIK ini juga dimaksudkan untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan konsep Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan pemerintah yang membutuhkan lebih banyak tenaga dokter, apoteker, perawat dan tenaga kesehatan masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi UIN “menjadikan UIN Syarif Hidayatullah sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan”.
Di samping itu, pendirian FKIK adalah untuk menampung para lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang berada dalam rural area yang selalu termarginalisasikan karena kalah bersaing, baik secara ekonomi maupun prestasi, untuk memasuki program studi umum pada Universitas Negeri/Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan keputusan Senat tersebut, penyusunan proposal empat Program Studi yang bernaung di bawah FKIK mulai dirintis, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Ilmu Keperawatan.

Para perintis yang ikut dalam rencana pembukaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Prof. Dr. Sularto, SpBO (Alm), Prof. Dr. Achmad Sofyan, SpA (K), dr. Siti Oetarini Sri Widodo, SpPA (K),  Prof. Dr. (hc) dr. M.K. Tadjudin, SpAnd, dr. Arlis Sularto, SpPD,  Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Prof. Dr. Suwito, MA, Prof. Dr. Abuddin Nata, MA, Prof. Dr. dr. Does Sampoerno, Drs. H. Achmad Gholib, MA, Drs. H. Abdul Shomad, dr. H.M. Djauhari Widjajakusumah, AIF., PFK, dan lain-lain. Tim penyusun proposal pendirian FKIK diketuai oleh Prof. Dr. (hc) dr. M.K. Tadjudin, Sp.And. dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga sekaligus berperan sebagai Fakultas Pembina.

Pada tahun akademik 2004/2005 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai menerima mahasiswa baru Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Farmasi dengan jumlah mahasiswa 74 dan 35 orang. Sedangkan Program Studi Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan mulai tahun akademik 2005/2006 menerima mahasiswa baru dengan jumlah mahasiswa 55 dan 50 orang.

Jumlah mahasiswa FKIK tahun akademik 2012/2013 adalah sebanyak 1589 orang dengan rincian Program Studi Kesehatan Masyarakat sebanyak 483 orang, Program Studi Farmasi sebanyak 416 orang, Program Studi Ilmu Keperawatan sebanyak 239 orang dan Program Studi Pendidikan Dokter sebanyak 451 orang. Tahun akademik 2012/2013, FKIK meluluskan 77 mahasiswa, sehingga di akhir tahun akademik 2012-2013 jumlah mahasiswa adalah sebanyak 1512 orang dengan rincian Program Studi Kesehatan Masyarakat sebanyak 459 orang, Program Studi Farmasi sebanyak 394 orang, Program Studi Ilmu Keperawatan sebanyak 214 orang dan Program Studi Pendidikan Dokter sebanyak 445 orang.

Sementara itu untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa FKIK UIN Syarif Hidayatullah melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tangerang, Rumah Sakit Kusta Sintanala Tangerang, Rumah Sakit Paru Cisarua Bogor, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Rumah Sakit Kanker Darmais Jakarta sebagai rumah saki jejaring serta seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam wilayah Sudin Kesehatan Jakarta Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Dalam pengembangannya dan sesuai Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Lima tahun ke depan (2010-2015), diarahkan pada penciptaan Fakultas yang Unggul dan Kompetitif sebagai pentahapan menuju Fakultas Riset, yang didasarkan pada keunggulan-keunggulan yang kompetitif secara nasional maupun internasional.

Untuk mendukung dalam perwujudkan Fakultas yang unggul dan kompetitif, FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui pemerintah RI (Departemen Agama) mendapatkan bantuan dari pemerintah Jepang dalam hal ini Japan Bank For International Cooperation (JBIC). Bantuan dimaksud dalam bentuk fellowship yaitu pengembangan dosen untuk melanjutkan studi ke program S2 dan S3 di Jepang serta pembangunan gedung perkuliahan, gedung laboratorium dan peralatannya, gedung asrama mahasiswa (dormitory) dan gedung rumah sakit pendidikan (teaching hospital).

Mulai tahun akademik 2010-2011 kegiatan belajar mengajar semua program setudi yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggunakan sarana dan prasarana gedung baru di jalan Kertamukti Pisangan Ciputat, Kampus II.