FKIK Kembali Menorehkan Prestasi

FKIK Online – FKIK kembali menorehkan prestasinya lagi, kali ini FKIK menyabet sebagai kampus dengan Partisipasi Terbaik dalam Program 1 Rumah 1 JUMANTIK dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Minggu (11/12/2016)

Program 1 Rumah 1 JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik) merupakan program nasional yang mengupayakan kesadaran masyarakat dalam menumbuhkan budaya masyarakat untuk pemberantasan sarang nyamuk. Dalam porgram ini, Dinkes kota Tangsel menggandeng beberapa Universitas di kota Tangsel sebagai mitra yang membentuk tim verifikator untuk menentukan RW bebas jentik DBD. Universitas sebagai mitra yang dilibatkan dalam program 1 Rumah 1 JUMANTIK ada 5 perguruan tinggi yaitu FKM UMJ, STIKES Whidya Dharma Husada Pamulang, STIKES Banten (STIKBA), STIKES Kharisma Persada Pamulang dan FKIK UIN Jakarta.

unnamed

Piagam Penghargaan Bidang Kesehatan dari Dinkes Tangsel

Hal ini direspon baik oleh pihak Dekanat FKIK, sehingga ditindaklanjuti melalui Sentra Pelayanan Kesehatan Masyarakat (SPKM) FKIK khususnya Bina Mitra dan Lingkungan yang menjembatani civitas akademika FKIK untuk mampu berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sebagai tanggung jawab dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk mengasah kepedulian mahasiswa FKIK UIN Jakarta lebih dini, SPKM bersama mahasiswa dari empat Program Studi di FKIK ikut turut berperan menjadi Tim Verifikator yang independen dalam meninjau ulang RW-RW yang sudah mendeklarasikan sebagai RW bebas jentik nyamuk DBD.

Terhitung pada Desember 2016, jumlah mahasiswa yang menjadi Tim Verivikator yang tergabung dari 4 Program Studi di FKIK sebanyak 165 orang. “terlihat dari animo mahasiswa, kedepannya insya Allah kegiatan ini akan terus berlanjut sehingga dapat menciptakan kerjasama yang sinergis antara Dinkes Kota Tangsel dengan UIN, khususnya FKIK ini” ujar Bapak Baequni, Ph.D (Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat) yang ditemui ketika Acara Gebyar Jumantik di Area CFD depan Teras Kota.

Diharapkan Program ini terus berjalan dan mahasiswa selalu terlibat, agar mahasiswa mampu dan mau terus berupaya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. “harapannya, kedepan kita terus bangun kerja sama ini untuk melatih anak didik kita.” Ungkap Bapak Karyadi (Dosen Prodi Ilmu Keperawatan) yang menjadi Koordinator Tim.

Mahasiswa FKIK sangat menyambut baik atas Program ini, “saya sangat berterima kasih kepada pihak dinkes Tangsel yang telah mempercayai kami sebagai partisipasi teraktif dalam program ini” ujar Ivanullah, mahasiswa kesehatan lingkungan, Prodi Kesmas, FKIK. [Gilang/ZR]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *