Bikin Dehidrasi, Kurangi Asupan Ini Saat Puasa

Jakarta, Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering menghampiri orang yang tengah beribadah puasa adalah dehidrasi. Kendati bagi orang awam kondisi ini tidak dapat dibedakan dengan haus biasa.

Namun sebenarnya munculnya risiko dehidrasi ditentukan oleh makanan atau minuman tertentu yang dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Salah satu jenis minuman yang harus dihindari agar tak dehidrasi adalah kopi.

“Kopi cenderung membuat seseorang banyak buang air kecil. Istilahnya, diuretik,” ungkap dr Ahmad Fuady, MSc-HPEL, Kepala Klinik Dokter Keluarga Fakultas Kedokteran UI Kayu Putih, kepada detikHealth dan ditulis Rabu (17/6/2015).

Apalagi jika kopi dikonsumsi sendirian atau tidak didampingi asupan lain, lanjut dr Ahmad. Sebab bila dikonsumsi sendirian, kopi dapat memicu kenaikan asam lambung yang berakibat buruk bagi mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Hal senada juga disampaikan Prof dr Endang L Achadi, MPH, Dr.PH. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. “Kopi memang demikian, menyebabkan efek diuretic, yaitu menyebabkan lebih banyak keluarnya cairan tubuh atau urine, sehingga lebih mudah haus,” terangnya dalam kesempatan terpisah.

Selain kopi, gorengan juga kerap dituding menyerap lebih banyak cairan tubuh sehingga orang-orang yang berpuasa jadi rentan haus dan dehidrasi. Menanggapi hal ini, dr Ahmad mengatakan bahwa itu karena gorengan memiliki kandungan garam yang tinggi.

“Garam akan meningkatkan kemungkinan dehidrasi,” katanya. Kendati demikian Prof Endang berpendapat meski kemungkinan itu ada, tapi efeknya terhadap dehidrasi tubuh tidaklah terlalu signifikan.

Lantas harus bagaimana? Untuk mencegah dehidrasi, Prof Endang memaparkan daftar makanan yang harus dihindari saat makan sahur agar dehidrasi tak mudah menghampiri. Apa sajakah itu?

Pertama, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Sebab menurut Prof Endang, garam dapat menarik air dari cairan dalam tubuh lalu menahannya di sela-sela sel, sehingga tidak disebarkan ke tubuh.

Kedua, hindari minum kopi. “Kalau memang mau minum kopi, sejam sebelum imsak atau mendekati waktu imsak perbanyak minum air putihnya. Ini untuk mengganti cairan tubuh yang dikeluarkan akibat efek kopi,” terang Ketua Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) tersebut.

Ketiga, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang pedas atau terlalu berserat karena dapat menghalangi penyerapan zat-zat gizi dan mengakibatkan lemas di tengah ibadah puasa.

“Sayur yang berserat tinggi diganti saja dengan sayur yang tidak banyak sertanya, tetapi intinya harus tetap seimbang,” pungkasnya.

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/06/17/120123/2944691/775/bikin-dehidrasi-kurangi-asupan-ini-saat-puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *